Cara Lengkap Budidaya Strawberry Secara Hidroponik Dengan Hasil Melimpah

stroberi

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Tanaman ini di tanam menggunakan wadah plastik atau pot yang menggunakan air serta poros lainnya seperti kerikil, genting batu ambang serta lainnya untuk media tanam.Supaya pertumbuhan baik penanaman ini harus membutuhkan pemupukan dengan cara melakukan pelarutan pupuk organik.Dengan menggunakan cara budidaya hidroponik kita bisa mendapat keuntungan yang sangat berlimpah,membuat produksi menjadi lebih tinggi,serta tahan terhadap serangan hama  penyakit.Berikut ini cara membudidayakan tanaman strawberry secara hidroponik.

*Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Pupuk Dari Kulit Pisang!! 

Persiapan peralatan beserta bahan
Persiapan awal sangat dibutuhkan dalam melakukan penanaman strawberry secara hidroponik.Alat yang di perlukan antara lain baki persemaian, jerigen, wadah atau pot, hand sprayer, tali kompor atau penaggas air , timbangan OHAUS, pipa paralon serta ember. Sedangkan bahan yang digunakan yaitu tanaman strawberry, bahan porus, garam mineral atau pupuk siap pakai.

Persiapan pembibitan
Hal ini dapat di lakukan menggunakan cara membersihkan pasir yang sudah kering dengan cara di ayak kemudian lakukan pencucian sampai bersih serta lakukan perendaman air sampai mendidih selama 1 jam.
Lakukan pencucian baki persemaian serta lakukan pengisian pasir tadi sampai ketinggian 3-4 cm.Lakukan penyiraman baki persemaian sampai penuh serta kelebihan air beberapa menit. Lalu taburkan biji satu persatu,pastikan supaya tidak terlalu rapat.
Lalu perhatikan pula pasir jangan sampai mengering, sebaiknya menggunakan hand sprayer yang sudah diisi dengan air agar menjaga kelembapan pasir serta juga media baki persemaian.
Lakukan pemindahan tanaman setelah memiliki 2-4 helai daun, pemindahan ini harus di lakukan dengan hati-hati tanpa merusak akar tanaman.

Tahap penanaman
Sediakan wadah atau pot yang akan di pakai untuk media penanaman, sebaiknya jangan ada lubang pada alas wadah atau pot.Pemberian lubang harus diatur serta beri jarak kira-kira 4-5 cm setiap lubangnya.Sediakan media berupa pasir, kerikil atau lainnya. Cuci hingga bersih serta rendam dalam air mendidih selama 30 – 60 menit.Masukkan media yang sudah disiapkan tadi kedalam wadah hingga 3-4 cm di atas lubang yang di buat tadi. serta juga sediakan pipa paralon pada tepi wadah.Lalu tanamankan tanaman yang sudah disiapkan tadi, jangan sampai akar rusak atau pun patah.Kemudian lakukan pemberiaan nutrisi yaitu pupuk organik cair atau pupuk lainnya yang sudah di cairkan.
Lalu simpan tanaman di tempat yang sangat jauh dari serangga luar serta serangan hama serta penyakit lainnya.Setelah berumur 2-3 minggu, lakukan penuangan kembali pupuk cair.

Pemeliharaan tanaman
Pemeliharaan tanaman dengan media ini di lakukan dengan cara pengontrolan, pemupukan serta juga hama serta penyakit . Pengontrolan ini bertujuan untuk mengetahui keadaan media dalam keadaan kering atau lembab. Pemupukan ini di lakukan dengan menggunakan pupuk organik cair, pupuk urea di cairkan, pupuk KCL di cairkan serta pupuk TSP di cairkan. Sedangkan jika hama serta penyakit mulai menyerang dapat di basmi menggunakan penyemprotan herbisida, fungsida serta insektisida sesuai dengan dosis yang di tentukan,jika tidak ada maka tidak perlu dilakukan penyemprotan.

*Baca Juga : 5 Jenis Buah Berwarna Merah Ini Bisa Bantu Program Diet Kamu

Pemanenan tanaman
Pemanenan tanaman dengan media ini sangat cepat antara 4-6 bulan tergantung pada pertumbuhan tanaman. Pemanenan ini di lakukan dengan cara melakukan pemetikan menggunakan bantuan gunting atau bantuan pisau, jangan sampai merusak buah dan tanaman. Lalu masukan kedalam kemasan. Pemanenan dapat di lakukan secara teratur yaitu dua minggu sekali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s